Surat pemegang saham Bezos 2020 Amazon: 5 kesimpulan

CEO Amazon Jeff Bezos menulis surat pemegang saham terakhirnya sebelum diserahkan kepada Andy Jassy.

Bezos akan menjadi ketua eksekutif jadi dia tidak akan melangkah jauh. Surat pemegang saham 2020 ditujukan kepada pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan bahkan beberapa kritikus.

Sebelumnya:

Berikut sorotannya:

Penciptaan nilai pelanggan AWS adalah $ 38 miliar pada tahun 2020. Matematika kasar Bezos berjalan seperti ini:

AWS sulit untuk memperkirakan karena beban kerja setiap pelanggan sangat berbeda, tetapi kami akan tetap melakukannya, dengan mengakui di depan bahwa bilah kesalahannya tinggi. Peningkatan biaya langsung dari pengoperasian di cloud versus lokal bervariasi, tetapi perkiraan yang masuk akal adalah 30%. Di seluruh pendapatan AWS tahun 2020 sebesar $ 45 miliar, 30% tersebut akan menyiratkan penciptaan nilai pelanggan sebesar $ 19 miliar (yang akan membuat mereka mengeluarkan biaya $ 64 miliar dengan biaya sendiri $ 45 miliar dari AWS). Bagian yang sulit dari latihan estimasi ini adalah bahwa pengurangan biaya langsung merupakan bagian terkecil dari manfaat pelanggan untuk pindah ke cloud. Manfaat yang lebih besar adalah peningkatan kecepatan pengembangan perangkat lunak – sesuatu yang secara signifikan dapat meningkatkan daya saing dan keunggulan pelanggan. Kami tidak memiliki cara yang masuk akal untuk memperkirakan porsi nilai pelanggan itu kecuali dengan mengatakan bahwa itu hampir pasti lebih besar daripada penghematan biaya langsung. Untuk menjadi konservatif di sini (dan mengingat kami benar-benar hanya mencoba untuk mendapatkan perkiraan kasarnya), saya akan mengatakan itu sama dan menyebut penciptaan nilai pelanggan AWS $ 38 miliar pada tahun 2020.

Nilai Amazon Prime per pelanggan adalah $ 630. Inilah matematika berdasarkan waktu adalah uang.

Kami menawarkan harga rendah, banyak pilihan, dan pengiriman cepat, tetapi bayangkan kami mengabaikan semua itu untuk tujuan perkiraan dan nilai ini hanya satu hal: kami menghemat waktu pelanggan.

Pelanggan menyelesaikan 28% pembelian di Amazon dalam tiga menit atau kurang, dan setengah dari semua pembelian selesai dalam waktu kurang dari 15 menit. Bandingkan itu dengan perjalanan belanja biasa ke toko fisik – mengemudi, parkir, mencari lorong toko, menunggu di antrean pembayaran, menemukan mobil Anda, dan mengemudi pulang. Penelitian menunjukkan bahwa perjalanan toko fisik biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Jika Anda berasumsi bahwa pembelian Amazon biasa membutuhkan waktu 15 menit dan itu menghemat beberapa perjalanan ke toko fisik seminggu, itu lebih dari 75 jam setahun dihemat. Itu penting. Kita semua sibuk di awal abad ke-21.

Agar kita bisa mendapatkan angka dolar, mari kita nilai penghematan waktu pada $ 10 per jam, yang konservatif. Tujuh puluh lima jam dikalikan dengan $ 10 per jam dan dikurangi biaya Prime memberi Anda penciptaan nilai untuk setiap anggota Perdana sekitar $ 630. Kami memiliki 200 juta anggota Perdana, dengan total pada tahun 2020 sebesar $ 126 miliar penciptaan nilai.

Bezos akan fokus pada visi baru untuk kesuksesan karyawan. Dia berkata:

Terlepas dari apa yang telah kami capai, jelas bagi saya bahwa kami membutuhkan visi yang lebih baik untuk kesuksesan karyawan kami. Kami selalu ingin menjadi Perusahaan yang Paling Berpusat pada Pelanggan di Bumi. Kami tidak akan mengubahnya. Itu yang membuat kita di sini. Tapi saya berkomitmen kami untuk tambahan. Kita akan menjadi Perusahaan Terbaik di Bumi dan Tempat Teraman di Dunia untuk Bekerja.

Dalam peran saya yang akan datang sebagai Ketua Eksekutif, saya akan fokus pada inisiatif baru. Saya seorang penemu. Itu yang paling saya nikmati dan yang paling saya lakukan. Di situlah saya menciptakan nilai paling banyak. Saya bersemangat untuk bekerja bersama tim besar yang terdiri dari orang-orang penuh semangat yang kami miliki di Ops dan membantu menemukan di arena Pemberi Kerja Terbaik dan Tempat Teraman di Bumi untuk Bekerja di arena ini. Mengenai detailnya, kami di Amazon selalu fleksibel, tetapi dalam masalah penglihatan, kami keras kepala dan tidak kenal lelah. Kita tidak pernah gagal ketika kita menetapkan pikiran kita pada sesuatu, dan kita juga tidak akan gagal dalam hal ini.

Amazon menggunakan algoritme dan ilmu data untuk meningkatkan keamanan tempat kerja. Bezos mengatakan bahwa 40% dari cedera yang berhubungan dengan pekerjaan Amazon adalah gangguan muskuloskeletal (MSD) seperti ketegangan dan keseleo akibat gerakan berulang. Cedera ini cenderung terjadi pada enam bulan pertama masa jabatan karyawan.

Selain pelatihan dan pembinaan, Amazon menguraikan pendekatan data berikut untuk keselamatan:

Kami sedang mengembangkan jadwal kepegawaian otomatis baru yang menggunakan algoritme canggih untuk merotasi karyawan di antara pekerjaan yang menggunakan kelompok tendon otot berbeda untuk mengurangi gerakan berulang dan membantu melindungi karyawan dari risiko MSD. Teknologi baru ini sangat penting dalam program rotasi pekerjaan yang kami luncurkan sepanjang tahun 2021.

Perhatian kami yang meningkat pada pencegahan MSD dini sudah mencapai hasil. Dari 2019 hingga 2020, MSD keseluruhan menurun sebesar 32%, dan MSD yang mengakibatkan waktu tidak bekerja berkurang lebih dari setengahnya.

Kami mempekerjakan 6.200 profesional keamanan di Amazon. Mereka menggunakan ilmu keselamatan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan menetapkan praktik terbaik industri baru. Pada tahun 2021, kami akan menginvestasikan lebih dari $ 300 juta untuk proyek keselamatan, termasuk $ 66 juta awal untuk menciptakan teknologi yang akan membantu mencegah tabrakan forklift dan jenis kendaraan industri lainnya.

Bezos tidak ingin Amazon menjadi tipikal. Ada bagian menarik yang berbicara tentang demokrasi dan bahkan merujuk pada pernikahan.

Kita semua tahu bahwa kekhasan – orisinalitas – itu berharga. Kita semua diajari untuk “menjadi diri sendiri”. Apa yang sebenarnya saya minta Anda lakukan adalah merangkul dan bersikap realistis tentang berapa banyak energi yang diperlukan untuk mempertahankan kekhasan itu. Dunia ingin Anda menjadi tipikal – dalam seribu cara, itu menarik Anda. Jangan biarkan itu terjadi.

Anda harus membayar harga untuk kekhasan Anda, dan itu sepadan. Versi dongeng dari “jadilah diri sendiri” adalah bahwa semua rasa sakit berhenti segera setelah Anda membiarkan kekhasan Anda bersinar. Versi itu menyesatkan. Menjadi diri sendiri memang berharga, tetapi jangan berharap itu mudah atau gratis. Anda harus memasukkan energi ke dalamnya secara terus menerus.

Dunia akan selalu berusaha menjadikan Amazon lebih khas – membawa kita ke keseimbangan dengan lingkungan kita. Ini akan membutuhkan usaha terus menerus, tetapi kita bisa dan harus lebih baik dari itu.